Minggu, 18 November 2012

BIMBINGAN KELOMPOK


PEMERINTAH KOTA SEMARANG
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 11 SEMARANG
Jl. Cemara Raya, Banyumanik, Semarang. 50267. Telp. / Fax. (024) 7472008
Homepage: http: //www.grafikasmg.freehosting.net-email smk11smg@hotmal.com


 
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN KELOMPOK

A
Topik Permasalahan
:
Mewaspadai bullying school
(tindak kekerasan pada siswa di sekolah oleh temannya)
B
Bidang Bimbingan
:
Pribadi dan sosial
C
Jenis Layanan
:
Bimbingan kelompok
D
Fungsi Layanan
:
Pemahaman dan pengentasan
E
Tujuan Layanan
:
1.     Agar terjadi dinamika kelompok yang kuat dan efektif.
2.   Siswa mampu & berani mengutarakan pendapat, ide, dan saran.
3.      Siswa mampu menerima pendapat saran dr orang lain.
4.      Memahami tentang bullying.
5.      Siswa mampu mencegah terjadinya bullying.

F
Sasaran Layanan
:
Siswa kelas XI
G
Uraian Kegiatan Materi
:


1.      Kegiatan Konselor sebagai pimpinan kelompok


a
Tahap Awal :



-          Menentukan jumlah anggota
-          Mempersiapkan dan mengumpulkan para peserta
-          Pembukaan dengan salam
-          Dilanjutkan dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya
-          Perkenalan
-          Permainan


b.
Tahap Peralihan :



-          Menjelaskan pengertian dan tujuan bimbingan kelompok.
-          Menjelaskan fungsi bimbingan kelompok.
-          Menjelaskan asas bimbingan kelompok.
-          Memberikan motivasi untuk mengikuti kegiatan layanan.


c.
Tahap Kegiatan kelompok :



Bersama kelompok membahas topik yang sudah ditentukan.


d.
Tahap Pengakhiran :



-        Konselor menyimpulkan hasil diskusi.
-         Pemimpin dan sebagian anggota kelompok mengembangkan kesan dari hasil kegiatan
-         Doa penutup


2.      Kegiatan Siswa


a.
Tahap I



-          Memperkenalkan diri
-          Menciptakan suasana kelompok yang dinamis


 b.
Tahap II



-          Memperhatikan penjelasan Konselor dan bertanya jika kurang jelas
-          Aktif mengemukakan pendapat


 c.
Tahap III



Aktif membahas masalah, berusaha mengembangkan pikiran, pendapat, usul, saran, dan memberikan alternatif jalan keluar pemecahan masalah


 d.
Tahap IV



-         Mendengarkan pembacaan kesimpulan konseling kelompok
-   Memberikan kesan-kesan tentang konseling kelompok yg telah membantu memecahkan masalah yang dialami bersama
-         Memberikan usul kemungkinan pertemuan berikutnya

H
Metode
:
Ceramah, diskusi, tanya jawab
I
Tempat Penyelenggaraan
:
Ruang Konseling BK
J
Waktu pelaksanaan
Hari, Tanggal, Semester
:
:
2 x 45 menit,
Kamis, 15, 22 Nopember 2012, Smtr Ganjil.
K
Penyelenggara Layanan

Nugrahaning Dyah Respati, S.Psi.
L
Pihak yang Disertakan/Terkait
:
Siswa anggota bimbingan kelompok
M
Alat dan Perlengkapan
:
Bolpoin, meja kursi, buku catatan, kertas kosong

N
Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut

Rencana Penilaian

1.     Pengamatan aktifitas dan  antusias siswa dalam kegiatan.
2.      Kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat.
3.      Kemampuan siswa dalam membahas pendapat anggota


O
Keterkaitan Layanan ini dengan Layanan Pendukung Lain :

-          Layanan informasi
-          Himpunan data
-          Layanan penempatan

P
Catatan Khusus :

Untuk menyemarakkan dan keberhasilan layanan konseling kelompok dibutuhkan kebersamaan dan kreatifitas para anggota.












              Mengetahui                                                               Semarang,  Nopember 2012
              Kepala Sekolah,                                                       Guru Pembimbing,




              Drs. H. Ahmad Ishom, M.Pd                                Nugrahaning Dyah Respati, S.Psi.
              NIP.19621219 199303 1 007                                  NIP. 19710323 200212 2 005







Tidak ada komentar:

Posting Komentar