Minggu, 18 November 2012

HOME VISIT / KUNJUNGAN RUMAH


PEMERINTAH KOTA SEMARANG
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 11 SEMARANG
Jl. Cemara Raya, Banyumanik, Semarang. 50267. Telp. / Fax. (024) 7472008
Homepage: http: //www.grafikasmg.freehosting.net-email smk11smg@hotmal.com



LAPORAN
PELAKSANAAN DAN EVALUASI, ANALISIS DAN TINDAK LANJUT
SATUAN LAYANAN PENDUKUNG
HOME VISIT / KUNJUNGAN RUMAH

A. Topik Permasalahan                 :     Tidak masuk sekolah dengan alasan sakit

B.  Spesifikasi Bimbingan                  
      1.   Bidang Bimbingan                 :     Pribadi
      2.   Jenis Pendukung                   :     Kunjungan rumah
      3.   Fungsi Pendukung                 :     Pemahaman
      4.   Sasaran                                :     DW, kelas XI

C.  Pelaksanaan Pendukung          
       1.  Waktu Pelaksanaan               :     2 x 45 menit,
            Hari, Tanggal, Semester        :     Jum’at, 31 Agustus 2012, Ganjil.
      2.   Tempat                                 :     Tempat tinggal DW      
      3.   Deskripsi dan komentar tentang pelaksanaan pendukung :
            -    Konselor diterima oleh ibunya, karena Bapaknya sedang bekeja, siswa sakit di rumah.
            -    Kondisi rumah sederhana.
          -  Siswa berada di rumah kalau sedang sakit, atau sebelum berangkat di rumah orang tua, selebihnya berada di rumah budenya.

D.  Evaluasi (penilaian) :
      1.   Cara-cara Penilaian            :    
             -   Pengamatan / observasi.
          -   Bertanya setelah layanan selesai “Apa rencana dengan penanganan sakit anak/siswa dari orang  tua”.
      2.   Deskripsi dan Komentar      :    
          -   Siswa memang benar-benar sakit di rumah dengan kondisi rumahnya yang sederhana.
          -   Orang tua terbuka dengan Konselor.
          -   Orang tua agak bosan dan keberatan dengan penyakit anaknya.

E.  Analisa Hasil Penilaian :
      1.   Cara-cara Analisa                :     Bertanya aktif kepada orang tua.
      2.   Deskripsi dan komentar       :    
            -   Orang tua memperoleh manfaat dari hasil layanan yang diberikan oleh Konselor.
            -   Siswa membutuhkan layanan ini untuk keberhasilan dalam belajar.

F.   Tindak Lanjut :
      1.   Cara-cara Tindak Lanjut     :     Layanan referal/alih tangan kasus ke dokter.
      2.   Deskripsi dan Komentar      :    
         Melalui layanan referal akan diketahui dengan lebih akurat penyebab sakit dan akan mendapat penanganan yang tepat.



            Mengetahui                                                               Semarang, Agustus 2012
            Kepala Sekolah,                                                       Guru Pembimbing,




            Drs. H. Ahmad Ishom, M.Pd                                 Nugrahaning Dyah Respati, S.Psi.
            NIP.19621219 199303 1 007                                   NIP. 19710323 200212 2 005







1 komentar: