PEMERINTAH KOTA SEMARANG
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 11
SEMARANG
Jl. Cemara Raya, Banyumanik, Semarang. 50267. Telp.
/ Fax. (024) 7472008
Homepage: http: //www.grafikasmg.freehosting.net-email
smk11smg@hotmal.com
|
SATUAN LAYANAN
KONSELING KELOMPOK
A
|
Topik
Permasalahan
|
:
|
Masalah pribadi (bebas)
|
||||
B
|
Bidang
Bimbingan
|
:
|
Pribadi
|
||||
C
|
Jenis Layanan
|
:
|
Konseling kelompok
|
||||
D
|
Fungsi Layanan
|
:
|
Pemahaman dan pengentasan
|
||||
E
|
Tujuan Layanan
|
:
|
-
Agar siswa mampu mengekspresikan pendapat, ide, dan gagasannya.
-
Agar siswa mampu menerima pendapat dan saran dari orang lain (temannya).
|
||||
F
|
Sasaran
Layanan
|
:
|
Kelas X
|
||||
G
|
Uraian Kegiatan Materi
|
:
|
|||||
1. Kegiatan Konselor sebagai pimpinan
kelompok
|
|||||||
a.
|
Tahap Awal :
|
||||||
- Menentukan jumlah anggota
- Mempersiapkan dan mengumpulkan
para peserta
|
|||||||
b.
|
Tahap
Pembentukan :
|
||||||
-
Membuka
kegiatan dengan doa
-
Menjelaskan
pengertian dan tujuan bimbingan kelompok
-
Memberikan penjelasan cara-cara dan asaskegiatanbimbingakelompok
-
Permainan penghangat
|
|||||||
c.
|
Tahap Peralihan :
|
||||||
-
Menjelaskan kegiatan yang akan ditempuh pada tahap berikutnya
-
Menawarkan atau mengamati apakah peserta sudah siap menjalankan tahap
berikutnya
-
Memberikan motivasi kepada siswa untuk mengikuti kegiatan layanan
tersebut dengan aktif
|
|||||||
d.
|
Tahap Kegiatan kelompok
|
||||||
-
Secara terbuka menyampaikan sebagaimana topik di atas.
-
Diskusi interaktif yang melibatkan guru dan peserta
|
|||||||
e.
|
Tahap Pengakhiran
|
||||||
-
Konselor menyimpulkan hasil diskusi
-
Pemimpin dan sebagian anggota kelompok mengembangkan kesan dari hasil
kegiatan
-
Doa penutup
-
Konseling kegiatan
|
|||||||
2. Kegiatan Siswa
|
|||||||
Tahap I
|
|||||||
-
Memperkenalkan diri
-
Menciptakan suasana kelompok yang dinamis
|
|||||||
Tahap II
|
|||||||
-
Memperhatikan penjelasan Konselor dan bertanya jika kurang jelas
-
Aktif mengemukakan pendapat
|
|||||||
Tahap III
|
|||||||
-
Aktif membahas masalah, berusaha mengembangkan pikiran, pendapat, usul,
saran, dan memberikan alternatif jalan keluar pemecahan masalah
|
|||||||
Tahap IV
|
|||||||
-
Mendengarkan pembacaan kesimpulan konseling kelompok
-
Memberikan kesan-kesan tentang konseling kelompok yang telah membantu
memecahkan masalah yang dialami bersama
-
Memberikan usul kemungkinan pertemuan berikutnya
|
|||||||
H
|
Metode
|
:
|
Ceramah, diskusi, tanya jawab
|
||||
I
|
Tempat
Penyelenggaraan
|
:
|
Ruang kelas X
|
||||
J
|
Waktu,
Hari, Tanggal,
Semester
|
:
:
|
2 x 45 menit,
Selasa, 12, 20 Nopember 2012, Smtr Ganjil.
|
||||
K
|
Penyelenggara Layanan
|
:
|
Nugrahaning Dyah Respati,
S.Psi.
|
||||
L
|
Pihak yang Disertakan/Terkait
|
:
|
-
|
||||
M
|
Alat dan Perlengkapan
|
:
|
Kursi, buku catatan, kertas
kosong
|
||||
N
|
Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut
|
||||||
Rencana Penilaian
|
|||||||
1. Pengamatan
terhadap antusias siswa
2. Kemampuan siswa dalam mengemukakan
pendapat
3. Mengungkapkan seberapa
jauh layanan konseling kelompok telah membantu pemecahan masalah yang
dihadapi bersama.
|
|||||||
O
|
Keterkaitan Layanan ini dengan Layanan Pendukung Lain :
|
||||||
-
Layanan
informasi
-
Himpunan data
-
Layanan
penyaluran
|
|||||||
P
|
Catatan Khusus
:
|
||||||
Layanan konseling kelompok akan dapat berjalan
lancar apabila semua anggotanya aktif, kreatif, dan inovatif
|
|||||||
Mengetahui Semarang, Nopember 2012
Kepala
Sekolah, Guru
Pembimbing,
Drs. H. Ahmad Ishom, M.Pd Nugrahaning
Dyah Respati, S.Psi.
NIP.19621219 199303 1 007 NIP. 19710323 200212 2 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar