Kamis, 15 November 2012

KONSELING KELOMPOK



 
PEMERINTAH KOTA SEMARANG
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 11 SEMARANG
Jl. Cemara Raya, Banyumanik, Semarang. 50267. Telp. / Fax. (024) 7472008
Homepage: http: //www.grafikasmg.freehosting.net-email smk11smg@hotmal.com

SATUAN LAYANAN
KONSELING KELOMPOK

A
Topik Permasalahan
:
Masalah pribadi (bebas)
B
Bidang Bimbingan
:
Pribadi
C
Jenis Layanan
:
Konseling kelompok
D
Fungsi Layanan
:
Pemahaman dan pengentasan
E
Tujuan Layanan
:
-          Agar siswa mampu mengekspresikan pendapat, ide, dan gagasannya.
-          Agar siswa mampu menerima pendapat dan saran dari orang lain (temannya).
F
Sasaran Layanan
:
Kelas X
G
Uraian Kegiatan Materi
:


1.    Kegiatan Konselor sebagai pimpinan kelompok


a.
Tahap Awal :



-   Menentukan jumlah anggota
-   Mempersiapkan dan mengumpulkan para peserta


b.
Tahap Pembentukan :



-          Membuka kegiatan dengan doa
-          Menjelaskan pengertian dan tujuan bimbingan kelompok
-          Memberikan penjelasan cara-cara dan asaskegiatanbimbingakelompok
-          Permainan penghangat


c.
Tahap Peralihan :



-          Menjelaskan kegiatan yang akan ditempuh pada tahap berikutnya
-          Menawarkan atau mengamati apakah peserta sudah siap menjalankan tahap berikutnya
-          Memberikan motivasi kepada siswa untuk mengikuti kegiatan layanan tersebut dengan aktif


d.
Tahap Kegiatan kelompok



-          Secara terbuka menyampaikan sebagaimana topik di atas.
-          Diskusi interaktif yang melibatkan guru dan peserta


e.
Tahap Pengakhiran



-          Konselor menyimpulkan hasil diskusi
-          Pemimpin dan sebagian anggota kelompok mengembangkan kesan dari hasil kegiatan
-          Doa penutup
-          Konseling kegiatan


2.    Kegiatan Siswa



Tahap I



-          Memperkenalkan diri
-          Menciptakan suasana kelompok yang dinamis



Tahap II



-          Memperhatikan penjelasan Konselor dan bertanya jika kurang jelas
-          Aktif mengemukakan pendapat



Tahap III



-          Aktif membahas masalah, berusaha mengembangkan pikiran, pendapat, usul, saran, dan memberikan alternatif jalan keluar pemecahan masalah



Tahap IV



-          Mendengarkan pembacaan kesimpulan konseling kelompok
-          Memberikan kesan-kesan tentang konseling kelompok yang telah membantu memecahkan masalah yang dialami bersama
-          Memberikan usul kemungkinan pertemuan berikutnya
H
Metode
:
Ceramah, diskusi, tanya jawab
I
Tempat Penyelenggaraan
:
Ruang kelas  X
J
Waktu,
Hari, Tanggal, Semester
:
:
2 x 45 menit,
Selasa, 12, 20 Nopember 2012, Smtr Ganjil.
K
Penyelenggara Layanan
:
Nugrahaning Dyah Respati, S.Psi.
L
Pihak yang Disertakan/Terkait
:
-
M
Alat dan Perlengkapan
:
Kursi, buku catatan, kertas kosong
N
Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut

Rencana Penilaian

 1.     Pengamatan terhadap antusias siswa
 2.      Kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat
 3.   Mengungkapkan seberapa jauh layanan konseling kelompok telah membantu pemecahan  masalah yang dihadapi bersama.


O
Keterkaitan Layanan ini dengan Layanan Pendukung Lain :

-          Layanan informasi
-          Himpunan data
-          Layanan penyaluran

P
Catatan Khusus :

Layanan konseling kelompok akan dapat berjalan lancar apabila semua anggotanya aktif, kreatif, dan inovatif











              Mengetahui                                                              Semarang,  Nopember 2012
              Kepala Sekolah,                                                       Guru Pembimbing,




             Drs. H. Ahmad Ishom, M.Pd                                Nugrahaning Dyah Respati, S.Psi.
             NIP.19621219 199303 1 007                                  NIP. 19710323 200212 2 005








Tidak ada komentar:

Posting Komentar